Monday 28 November 2016

Playdateeeee ❤️


Hari Sabtu, 26 November 2016 kemarin aku ngadain playdate bersama ceciwi crafter lainnya. Di playdate pertama ini aku ngajarin bikin macrame wall hanging, terus Nisa ngajarin teknik pewarnaan dip dye.

Kita ngumpul di selasar toko jam 3 sore, terus bikin-bikinnya dimulai jam setengah 4. Di awal playdate, kita kenal-kenalan dulu satu sama lain, karena ada beberapa yang baru ketemu. Peserta kali ini ada aku, Nisa (brand Kanish Alleen), Ayu (brand Booya), Anne (brand Kyariikura), Shafira (brand Red Oak), Mutia (brand HappyCrafThings), Widya, dan Ara.


Bikin-bikin dimulai dengan motong2in tali tambang katun. Oh iyaa, alat dan bahan yang dibutuhkan itu kurang lebih :


1. Hoop (pembidangan) atau bisa diganti dengan ranting pohon
2. Tali tambang katun
3. Gunting
4. Pewarna kain
5. Kompor dan panci untuk proses mewarnai tali
6. Air untuk merebus pewarna


Masing-masing peserta mendapatkan 12 lembar tali. Setelah itu, aku ngajarin 3 jenis simpul dasar macrame. Dari 3 jenis simpul itu, kita semua bikin bentuk yang berbeda. Ada yang lancar banget bikinnya, ada yang udah jadi setengahnya terus bingung mau digimanain lagi, ada yang sibuk naliin terus dilepas lagi karena baru kepikiran konsepnya mau kaya gimana, ada juga yang malah sibuk bikin instagram stories 😹😹😹 Mau gimanapun aku seneng2 aja karena semuanya pada gemasgemaaasss ❤️


Setelah sekitar 2 jam bikin-bikin, sekarang saatnya buat proses pewarnaan. Kompornya kita nyewa di tempat peralatan camping, dan aku baru sekali liat kompor yg macam ini 😹. Aku agak kesusahan buat masang gasnya, tapi akhirnya Widya bisa dengan mudahnya langsung berhasil haha. Tapi drama kompor masih berlanjut, kita nggak tau gimana cara nyalainnya karena gasnya kayak bocor gitu. Awalnya kita coba pake kertas buat nyalain apinya, tapi gagal. Terus aku dapet ide, tali yang kita pakai ini kan sebenernya tali buat sumbu, kenapa ngga pakai ini aja. Setelah dicoba, akhirnya kompornya bisa nyala setelah hampir setengah jam! Hore πŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽ‰


Kita pakai pewarna merk wantex. Biar warnanya ngiket banget, harusnya ditambahin garam, tapi kemarin kita ngga pakai garam karena aku lupa bawa hehe. Oh iya, teknik pewarnaan yang kita gunakan itu dip dye. Jadi hasil akhirnya bisa ombre gitu. Cara biar ombre adalah, bagian tali yang paling bawah dicelup 10 menit. Setelah 10 menit, celup lagi lebih dalam, tapi cukup 5 menit aja. Terus celup lebih dalam lagi 5 menit lagi. Jadi nanti tali yang paling bawah warnanya bakal jauh lebih tua daripada warna yang paling atas.


Setelah melalui tahap pewarnaan, talinya dijemur sampai kering. Setelah pada kering, hasilnya bisa kamu lihat di foto kita yang ramean yaa.

No comments:

Post a Comment